jasa penerbitan buku dan self publishing
donasi infak perpustakaan buku anak digital

Gerakan Berbagi 1 Juta Buku Anak Digital Gratis

Social Media

Gerakan Berbagi Sejuta Buku Anak Digital Gratis

 

donasi infak perpustakaan buku anak digital

Gerakan Berbagi 1 Juta Buku Anak Digital Gratis

Gerakan Berbagi Sejuta Buku Anak Digital Gratis

VISI:

Menuju visi 1 juta buku anak digital gratis dengan membangun perpustakaan anak digital berbahasa Indonesia terlengkap dan terpopuler di dunia melalui Gerakan Indonesia Berbudi (Berbagi Buku Anak Digital).

MISI:

  • Gerakan Indonesia Berbudi membantu meningkatkan kemampuan literasi dan mendorong minat baca masyarakat Indonesia, terutama anak usia dini 0-12  tahun dan pelajar.
  • Gerakan Indonesia Berbudi membantu masyarakat Indonesia dan global untuk bisa membaca buku anak digital pilihan yang sudah diakurasi secara mudah dan gratis.
  • Gerakan Indonesia Berbudi membantu mempublikasikan buku-buku anak secara digital dari para penerbit di Indonesia dan dunia sehingga bisa lebih dikenal dan bermanfaat untuk dibaca dan dinikmati secara gratis bagi pembaca di Indonesia dan global dengan jangkauan waktu dan tempat tanpa batas.
  • Gerakan Indonesia Berbudi membantu masyarakat Indonesia untuk tetap bisa membaca dan menikmati buku-buku anak terbitan lama yang sudah tidak ada dalam versi buku cetaknya.

Gerakan Berbagi Sejuta Buku Anak Digital Gratis

Adalah salah satu upaya kecil kami sebagai bentuk kepedulian nyata untuk membantu mencerdaskan bangsa melalui gerakan berbagi 1 juta buku anak digital gratis yang mudah diakses dengan dibaca dan didownload gratis dari berbagai platform, tanpa tersekat jarak dan waktu dengan pengguna beragam dari berbagai kalangan: anak, pendidik, orangtua, dan keluarga Indonesia dan global.

Gerakan Berbagi Sejuta Buku Anak Digital Gratis

Dapat diakses secara mudah dan gratis di dua media publikasi online milik Sebaca Indonesia Foundation, yaitu:
www.ebookanak.com
www.katabaca.com

 

Apa Keunggulan E-Reading?
E-reading telah menjadi tren baru.

Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia, termasuk dalam kebiasaan membaca.

E-reading menjadi kebutuhan setiap pengguna teknologi agar dapat diakses melalui perangkat digital mereka.

  • Penyimpanan praktis: Tak perlu ruangan dan rak, semua tersimpan di dalam komputasi awan.
  • Akses mudah: Akses kapanpun dan di manapun melalui komputer desktop, laptop, tablet, smartphone iOS, maupun Android.
  • Paperless: Ikut menyelamatkan lingkungan dengan membaca secara paperless.
  • Pertumbuhan Signifikan pengguna dan akses internet dan penetrasi ponsel: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta dari total populasi penduduk sebesar 256,2 juta orang. Dari data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), anak muda menempati posisi teratas pengguna internet.

 

Sungguh Menyedihkan, Minat Baca Masyarakat Indonesia Jauh Tertinggal dari Negera Tetangga: Singapura dan Malaysia!

Menurut data statistik UNESCO, dari total 61 negara, Indonesia berada di peringkat 60 dengan tingkat literasi rendah.

Peringkat 59 diisi oleh Thailand dan peringkat terakhir diisi oleh Botswana.

Sedangkan Finlandia menduduki peringkat pertama dengan tingkat literasi yang tinggi, hampir mencapai 100%.

Data ini jelas menunjukkan bahwa tingginya minat baca di Indonesia masih tertinggal jauh dari Singapura dan Malaysia.

 

Sungguh Amat Miris, Hanya 1 Anak yang Suka Membaca dari 10.000 Anak Indonesia!

Minat baca anak-anak Indonesia, sungguh masih sangat rendah.

Data dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan, persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen.

Artinya, dari 10.000 anak Indonesia, hanya 1 orang yang senang membaca.

 

Inilah Beberapa Penyebab Rendahnya Minat Baca Masyarakat Indonesia

  • Kurangnya peran orangtua menanamkan kebiasaan membaca sejak dini pada anak-anaknya. Contoh terbaik bagi anak di keluarga adalah orang tua. Anak-anak cenderung mengikuti kebiasaan orang tua. Oleh karena itu, peran orang tua dalam mengajarkan kebiasaan membaca menjadi penting untuk meningkatkan kemampuan literasi anak.
  • Akses ke fasilitas pendidikan belum merata dan minimnya kualitas sarana pendidikan.
  • Akses yang minim bagi anak-anak untuk membaca buku dengan layak dan memadai. Apalagi di daerah-daerah pedalaman yang jauh dari akses perpustakaan.
  • Masih kurangnya produksi buku di Indonesia sebagai dampak dari belum berkembangnya usaha penerbitan di daerah.
  • Relatif mahalnya harga buku bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat menengah ke bawah.
  • Sistem pembelajaran yang belum menanamkan “keharusan” membaca buku. Belajar baru sebatas mencari informasi atau memperoleh pengetahuan dari apa yang diajarkan.
  • Semakin menjamurnya jenis hiburan, tayangan TV, tempat rekreasi, bahkan permainan anak yang makin “menyingkirkan” waktu anak untuk membaca.

 

Melalui GERAKAN BERBAGI BUKU ANAK DIGITAL GRATIS Mari Selamatkan Rantai Literasi Generasi Anak Indonesia

Ada 132 juta pengguna internet di Indonesia dari jumlah penduduk Indonesia 256 juta di 2016.

Dan pengguna internet itu diprediksi akan terus bertambah dengan lebih cepat pada tahun-tahun mendatang.

Ini jelas merupakan kesempatan besar kita untuk menyelamatkan rantai literasi dengan cara lebih efektif dan efisien dengan aktif menyupply bacaan-bacaan digital yang berkualitas dan mendidik untuk anak dan masyarakat Indonesia.

Sebab mendidik bukan hanya tugas para pengajar/guru saja.

Mendidik bukan lagi tentang ruang-ruang di sekolah dengan jam tertentu dan doktrin sistem tertentu.

Mendidik adalah pekerjaan orang-orang yang setuju terhadap kontinuitas kemajuan peradaban.

 

Mari Berkolaborasi Demi Pendidikan dan Pengetahuan

Pada kesempatan ini Yayasan Sebaca Indonesia Foundation meluncurkan program GERAKAN BERBAGI 1 JUTA BUKU ANAK DIGITAL GRATIS  yang dapat dibaca dan didownload gratis oleh semua kalangan di media online ebookanak.com dan katabaca.com.

GERAKAN BERBAGI 1 JUTA BUKU ANAK DIGITAL GRATIS adalah sebuah gerakan yang mengajak semua kalangan dan siapapun untuk bergabung, menjadi bagian dalam gerakan visi dan misi kita bersama, berdonasi, bersedekah, atau berinfaq untuk membantu terwujudnya Indonesia Cerdas Pengetahuan.

GERAKAN BERBAGI 1 JUTA BUKU ANAK DIGITAL GRATIS adalah bagian dari sedekah jariyah buku anak digital yang bermanfaat untuk dibaca anak dan masyarakat Indonesia serta dunia.

GERAKAN BERBAGI 1 JUTA BUKU ANAK DIGITAL GRATIS adalah bagian dari menebarkan dan menyebarkan ilmu bermanfaat yang terkandung dari setiap buku anak digital yang dibaca dan diamalkan untuk anak dan masyarakat Indonesia dan dunia.

GERAKAN BERBAGI 1 JUTA BUKU ANAK DIGITAL GRATIS adalah bagian dari proses pembentukan dan pengembangan karakter anak Indonesia menjadi generasi bangsa yang saleh saleha sehingga doa mereka menjadi amal yang tidak terputus pahalanya.

Oleh karena itu, kami mengundang para relawan untuk ikut berkontribusi pada pengembangan gerakan tersebut dengan ikut mendukung gerakan mulia tersebut. Selain berdonasi secara individu, Anda juga bisa membuat penggalangan dana atas nama komunitas/paguyuban/organisasi.

 

Save

Save

katabacacom

Adalah salah satu platform web pustaka baca buku anak digital free online terpopuler di Indonesia. Situs katabaca.com bersama ebookanak.com menjadi bagian jaringan media GERAKAN INDONESIA BERBAGI 1 JUTA BUKU ANAK DIGITAL FREE ONLINE yang diinisiasi Yayasan Sebaca Indonesia Foundation (SIF) yang berkolaborasi dengan banyak penerbit serta sumber media lainnya di Indonesia dan luar negeri.

 

Disklaimer: Publikasi ulang konten dan informasi buku digital di situs ini sebagai bagian fungsi kearsipan dokumentasi perpustakaan digital, yang mengumpulkan dan menyimpan data dan informasi buku/bacaan anak bergambar dari berbagai sumber untuk dipublikasikan kembali ke masyarakat umum secara digital dengan kemudahan akses free online dalam upaya mendukung Gerakan Indonesia Berbagi 1 Juta Buku Anak Digital Free Online untuk mewujudkan visi Indonesia Cerdas Literasi dan Ilmu Pengetahuan.

 

Segala sesuatu yang berkaitan dengan hak cipta/hak intelektual, hak komersial, serta tuntutan dan tanggung jawab hukum perihal konten yang telah dipublikasikan di situs ini, tetap melekat dan tidak terpisahkan ada pada: penulis/pengarang, illustrator, desainer, layouter, melalui penerbit, serta sumber media bersangkutan lainnya.

Redaksi

Jl. Raden Mochtar III
No. 126 , RT 003/02
Kompleks Pos Giro
Sindanglaya, Bandung
Jawa Barat, 40195

WA: 08156148165
Telp: (022) 87824898

Email: cbmagency25@gmail.com

www.ebookanak.com
www.katabaca.com