Baca Online Komik Syekh Yusuf Ulama Pejuang dari Makasar

Social Media

Baca Online Komik Syekh Yusuf Ulama Pejuang dari Makasar

Buku komik Pahlawan Nasional Syekh yusuf Tajul Khalwati ini diterbitkan sebagai upaya mempublikasikan profil riwayat hidup dan perjuangan Pahlawan Nasional Syekh Yusuf Tajul Khalwati yang dikemas sedemikian rupa dengan menggunakan gambar-gambar berwarna agar lebih menarik serta pemakaian bahasa yang mudah dipahami.

Syekh Yusuf lahir dari pasangan Abdullah dengan Aminah. Ketika lahir ia dinamakan Muhammad Yusuf, suatu nama yang diberikan oleh Sultan Alauddin (Berkuasa sejak 1593 – wafat 15 Juni 1639, penguasa Gowa pertama yang muslim), raja Gowa, yang juga adalah kerabat ibu Syekh Yusuf. Pendidikan agama diperolehnya sejak berusia 15 tahun di Cikoang dari Daeng Ri Tassamang, guru kerajaan Gowa. Syekh Yusuf juga berguru pada Sayyid Ba-Alawi bin Abdul Al-Allamah Attahir dan Sayyid Jalaludin Al-Aidid.

Kembali dari Cikoang, Syekh Yusuf menikah dengan putri Sultan Gowa, lalu pada usia 18 tahun, Syekh Yusuf pergi ke Banten dan Aceh. Di Banten ia bersahabat dengan Pangeran Surya (Sultan Ageng Tirtayasa), yang kelak menjadikannya mufti Kesultanan Banten. Di Aceh, Syekh Yusuf berguru pada Syekh Nuruddin Ar-Raniri dan mendalami tarekat Qadiriyah.[butuh rujukan]

Pada tahun 1644, Syech Yusuf menunaikan ibadah haji dan tinggal di Mekkah untuk beberapa lama, dimana Ia belajar kepada ulama terkemuka di Mekkah dan Madina. Syekh Yusuf juga sempat mencari ilmu ke Yaman, berguru pada Syekh Abdullah Muhammad bin Abd Al-Baqi, dan ke Damaskus untuk berguru pada Syekh Abu Al-Barakat Ayyub bin Ahmad bin Ayyub Al-Khalwati Al-Quraisyi. Syech Yusuf mempelajari Islam sekitar 20 tahun di Timur Tengah.

Ketika Kesultanan Gowa mengalami kalah perang terhadap Belanda, Syekh Yusuf pindah ke Banten dan diangkat menjadi mufti di sana. Pada periode ini Kesultanan Banten menjadi pusat pendidikan agama Islam, dan Syekh Yusuf memiliki murid dari berbagai daerah, termasuk 400 orang asal Makassar yang dipimpin oleh Ali Karaeng Bisai.[butuh rujukan]

Ketika pasukan Sultan Ageng dikalahkan Belanda tahun 1682, Syekh Yusuf ditangkap dan diasingkan ke Srilanka pada bulan September 1684.

https://id.wikipedia.org/wiki/Yusuf_Al-Makassari

Sumber dan Kontributor

Kementerian Sosial Republik Indonesia
Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial 
Jl. Salemba Raya 28 Jakarta Pusat Kode Pos 10430

(021) 3100436

k2ks@gmail.com

https://direktoratk2krs.kemsos.go.id

 

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37

Kategori
DONASI

Dukungan Anda begitu penting untuk memastikan kelangsungan berjalannya situs katabaca.com. Semakin bertambahnya ebook yang dimuat  semakin besar pula biaya yang dibutuhkan untuk memastikan situs ini tetap dapat diakses. Katabaca.com bergantung pada donasi yang diberikan pihak pribadi maupun institusi.

Berikan donasi Anda secara sukarela hari ini. Setiap donasi minimal Rp 250 ribu akan mendapatkan bingkisan 1 USB flashdrive 16 GB berisi 1222 ebook dengan lebih dari 36 ribu halaman. Free ongkir ke seluruh Indonesia.

 

Yayasan Sebaca Indonesia Foundation adalah lembaga sosial non-profit pengelola media jaringan buku digital free online katabaca.com dan ebookanak.com untuk mewujudkan visi Indonesia Cerdas Literasi dengan misi berbagi 1 juta buku digital free online.

 

Redaksi

Jl. Raden Mochtar III
No. 126 , RT 003/02
Kompleks Pos Giro
Sindanglaya, Bandung
Jawa Barat, 40195

WA: 08156148165
Telp: (022) 87824898

Email: cbmagency25@gmail.com

www.ebookanak.com
www.katabaca.com

 

 

katabacacom

Adalah salah satu platform web pustaka baca buku digital free online bersama ebookanak.com menjadi bagian jaringan media GERAKAN INDONESIA BERBUDI (Berbagi 1 juta buku digital) free online yang diinisiasi Yayasan Sebaca Indonesia Foundation (SIF) yang berkolaborasi dengan banyak penerbit serta sumber media lainnya di Indonesia dan luar negeri.

Disklaimer:  Publikasi konten dan informasi buku digital di situs ini bersifat non profit/non komersial dengan tujuan untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, pengembangan, penelitian, dan kearsipan dokumentasi bacaan anak/bergambar dengan cara: mencari, mengumpulkan, menyimpan data dan informasi buku/bacaan anak bergambar terbitan lama untuk dokumentasi/kearsipan perpustakaan digital dari berbagai sumber untuk dipublikasikan ulang ke masyarakat umum secara digital dengan kemudahan akses membaca free online dalam upaya mendukung Gerakan Indonesia BERBUDI (Berbagi 1 Juta Buku Digital) Free Online, untuk visi Indonesia Cerdas Literasi dan Ilmu Pengetahuan.

 

Segala sesuatu yang berkaitan dengan hak cipta/hak intelektual, hak komersial, serta tuntutan dan tanggung jawab hukum perihal konten yang telah dipublikasikan di situs ini, tetap melekat dan tidak terpisahkan ada pada: penulis/pengarang, illustrator, desainer, layouter, melalui penerbit, serta sumber media bersangkutan lainnya.

 

Di antara perbuatan yang tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta: “Pembuatan dan penyebarluasan konten Hak Cipta melalui media teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat tidak komersial dan / atau menguntungkan Pencipta atau pihak terkait, atau Pencipta tersebut menyatakan tidak keberatan atas pembuatan dan penyebarluasan tersebut.” (Pasal 43, Undang-Undang Hak Cipta RI, No. 28 tahun 2014).

Hosting Partner by:
logo nusantarahost