Baca Online Buku Atlas Dinosaurus

Baca Online Buku Atlas Dinosaurus

Social Media

Baca Online Buku Atlas Dinosaurus

Baca Online Buku Atlas Dinosaurus yang seru dan mengasyikkan. Buku ini memuat penjelasan tentang berbagai situs menarik tempat kamu bisa mencari tahu lebih banyak tentang dinosaurus dan tempat mereka ditemukan.

Untuk menghubungi situs ini kunjungi website Erlangga di www.erlangga.co.id lalu klik banner erlangga quicklinked book.

Pilih buku Atlas Dinosaurus. Dari sini kamu bisa menemukan link internet yang membawamu ke semua situs.

Atlas Dinosaurus ini akan memberikan pandangan baru dan menarik tentang dunia dinosaurus yang mengagumkan. Jelajahi situs fosil terbesar dan terbaik di dunia dan lihatlah beberapa fosil fantastis yang ditemukan di sana. Cari tahu tentang pekerjaan menarik para paleontolog, baca penemuan dinosaurus terbaru dan cobalah menjawab kuis dinosaurus.

Dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias, sekitar 230 juta tahun yang lalu, dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura (sekitar 201 juta tahun yang lalu) hingga berakhirnya periode Kapur (65 juta tahun yang lalu), dan kemudian musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum Era Mesozoikum.

Studi terhadap fosil dinosaurus menunjukkan bahwa spesies burung berevolusi dari dinosaurus theropoda selama periode Jura, dan akibatnya, ribuan jenis burung yang hidup sekarang telah diklasifikasikan sebagai sub-kelompok dinosaurus oleh para paleontolog.[1] Beberapa burung yang selamat dari kepunahan 66 juta tahun yang lalu beserta keturunannya melanjutkan keberlangsungan hidup dinosaurus sampai sekarang.[2]

Dinosaurus bisa digolongkan ke dalam beragam kelompok hewan dari sudut pandang taksonomimorfologi, dan ekologi. Lebih dari 9.000 spesies burung adalah jenis dinosaurus vertebrata yang paling beragam, selain perciform ikan.[3] 

Dengan menggunakan bukti fosil, para paleontolog telah mengidentifikasi lebih dari 500 genera dinosaurus yang berbeda,[4] dan lebih dari 1.000 spesies yang tidak sama dengan dinosaurus non-unggas.[5] Jenis dinosaurus di setiap benua bisa ditentukan melalui spesies yang masih hidup ataupun melalui sisa-sisa fosil.[6] Kebanyakan di antaranya adalah herbivora, sedangkan yang selebihnya adalah karnivora. Sebagian besar keturunan dinosaurus yang masih hidup adalah bipedal (berkaki dua), tetapi kebanyakan jenis dinosaurus yang telah punah adalah spesies quadrupedal (berkaki empat).

Struktur tampilan yang rumit seperti tanduk atau jambul umumnya dimiliki oleh semua kelompok dinosaurus, dan beberapa kelompok yang telah punah juga memiliki struktur tulang yang khas seperti duri dan tulang punggung yang tajam. Penelitian menunjukkan bahwa bertelur dan membangun sarang adalah karakteristik lainnya yang dimiliki oleh semua dinosaurus.

Meskipun spesies burung modern pada umumnya berukuran kecil karena menyesuaikan dengan kemampuan terbang, sebagian besar dinosaurus pra-sejarah berukuran besar—yang terbesar adalah Amphicoelias fragilimus dari sauropoda, dengan panjang 60 meter (200 kaki) dan tinggi 10 meter (30 kaki) dengan berat 150 ton.[7] Namun, anggapan bahwa dinosaurus non-unggas pada umumnya berukuran raksasa adalah suatu kesalahpahaman; banyak juga dinosaurus yang berukuran kecil, misalnya Xixianykus, yang panjangnya hanya 50 cm (20 inci).

Meskipun kata dinosaurus secara harfiah berarti “kadal yang mengerikan”, tetapi sebenarnya dinosaurus bukanlah spesies kadal. Sebaliknya, dinosaurus tergolong dalam kelompok reptil yang terpisah. Bukti menunjukkan bahwa dinosaurus yang telah punah sama sekali tidak mencerminkan karakteristik tradisional reptil, misalnya bergerak melata dan ektoterma. Selain itu, kebanyakan hewan pra-sejarah seperti mosasaurusichthyosaurus, pterosaurus, plesiosaurus, dan Dimetrodon, dianggap sebagai jenis dinosaurus, tetapi sebenarnya hewan-hewan ini bukanlah dinosaurus.

Sepanjang paruh pertama abad ke-20, sebelum burung diakui sebagai keturunan dinosaurus, sebagian besar ilmuwan percaya bahwa dinosaurus adalah hewan yang lamban dan berdarah dingin. Namun, penelitian yang dilakukan sejak 1970-an menunjukkan bahwa dinosaurus adalah hewan yang aktif dengan sistem metabolisme yang tinggi dan melakukan berbagai adaptasi dalam interaksi sosialnya.

Sejak fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada awal abad ke-19, rangkaian kerangka dinosaurus telah menjadi atraksi utama di berbagai museum di seluruh dunia, dan dinosaurus juga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan dunia. Ukurannya yang besar serta sifatnya yang dianggap buas dan mengerikan telah menyebabkan munculnya buku-buku dan film-film laris yang mengisahkan mengenai dinosaurus, misalnya Jurassic Park.

Tingginya antusiasme publik terhadap dinosaurus menyebabkan meningkatnya aliran dana untuk membiayai penelitian dinosaurus, dan penemuan-penemuan terbaru secara teratur selalu diliput oleh media.

https://id.wikipedia.org/wiki/Dinosaurus

Sumber dan Kontributor

Atlas Dinosaurus Link Internet
ISBN : 9790152760
ISBN13 : 9789790152762
Tanggal Terbit : Juni 2007
Bahasa : Indonesia
Cover: hardcover
Tebal halaman: 143
Penerbit : Erlangga

PT Eureka Bookhouse

Jl. H. Baping No.100, Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13740
087888337555
021 – 8779 6010 (ext. 312)

Toko Buku Online

https://bukuerlangga.co.id
https://www.eurekabookhouse.co.id
erlangga.co.id

https://www.kitabisa.com/berbagibukudigital

 

Kategori
DONASI

Dukungan Anda begitu penting untuk memastikan kelangsungan berjalannya situs katabaca.com. Semakin bertambahnya ebook yang dimuat  semakin besar pula biaya yang dibutuhkan untuk memastikan situs ini tetap dapat diakses. Katabaca.com bergantung pada donasi yang diberikan pihak pribadi maupun institusi.

Berikan donasi Anda secara sukarela hari ini. Setiap donasi minimal Rp 250 ribu akan mendapatkan bingkisan 1 USB flashdrive 16 GB berisi 1222 ebook dengan lebih dari 36 ribu halaman. Free ongkir ke seluruh Indonesia.

 

Yayasan Sebaca Indonesia Foundation adalah lembaga sosial non-profit pengelola media jaringan buku digital free online katabaca.com dan ebookanak.com untuk mewujudkan visi Indonesia Cerdas Literasi dengan misi berbagi 1 juta buku digital free online.

 

Redaksi

Jl. Raden Mochtar III
No. 126 , RT 003/02
Kompleks Pos Giro
Sindanglaya, Bandung
Jawa Barat, 40195

WA: 08156148165
Telp: (022) 87824898

Email: cbmagency25@gmail.com

www.ebookanak.com
www.katabaca.com

 

 

katabacacom

Adalah salah satu platform web pustaka baca buku digital free online bersama ebookanak.com menjadi bagian jaringan media GERAKAN INDONESIA BERBUDI (Berbagi 1 juta buku digital) free online yang diinisiasi Yayasan Sebaca Indonesia Foundation (SIF) yang berkolaborasi dengan banyak penerbit serta sumber media lainnya di Indonesia dan luar negeri.

Disklaimer:  Publikasi konten dan informasi buku digital di situs ini bersifat non profit/non komersial dengan tujuan untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, pengembangan, penelitian, dan kearsipan dokumentasi bacaan anak/bergambar dengan cara: mencari, mengumpulkan, menyimpan data dan informasi buku/bacaan anak bergambar terbitan lama untuk dokumentasi/kearsipan perpustakaan digital dari berbagai sumber untuk dipublikasikan ulang ke masyarakat umum secara digital dengan kemudahan akses membaca free online dalam upaya mendukung Gerakan Indonesia BERBUDI (Berbagi 1 Juta Buku Digital) Free Online, untuk visi Indonesia Cerdas Literasi dan Ilmu Pengetahuan.

 

Segala sesuatu yang berkaitan dengan hak cipta/hak intelektual, hak komersial, serta tuntutan dan tanggung jawab hukum perihal konten yang telah dipublikasikan di situs ini, tetap melekat dan tidak terpisahkan ada pada: penulis/pengarang, illustrator, desainer, layouter, melalui penerbit, serta sumber media bersangkutan lainnya.

 

Di antara perbuatan yang tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta: “Pembuatan dan penyebarluasan konten Hak Cipta melalui media teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat tidak komersial dan / atau menguntungkan Pencipta atau pihak terkait, atau Pencipta tersebut menyatakan tidak keberatan atas pembuatan dan penyebarluasan tersebut.” (Pasal 43, Undang-Undang Hak Cipta RI, No. 28 tahun 2014).

Hosting Partner by:
logo nusantarahost